Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Investasi Tanah di Jakarta

Prospek Investasi Tanah di Jakarta

Berikut ini pembahasan mengenai prospek keuntungan investasi tanah di Jakarta yang sangat menggiurkan.

Jakarta, kota metropolitan yang terus berkembang pesat bahkan bisa dibilang jika kota ini adalah nyawa bagi kehidupan perekonomian dan pemerintahan di Indonesia.

Laju kehidupan dinamis dengan deretan gedung-gedung besar pencakar langit, keduanya seperti hal mutlak yang melekat pada kota Jakarta ini.

Saking banyaknya berbagai macam aktivitas yang terus berjalan, dan banyaknya hal yang bisa dilakukan di kota ini, Jakarta kerap disebut dengan “The city that never sleeps” atau kota yang tidak pernah tidur.

Hal ini dikarenakan jakarta memiliki banyak fungsi dan peran yang penting bagi banyak orang.

Dengan keunggulan fasilitas, kemudahan akses, kecepatan perkembangan, dan banyaknya prioritas di Jakarta, kota ini merupakan salah satu pilihan ideal yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan investasi tanah.

Berinvestasi adalah salah satu cara untuk memperbaiki level keuangan. Umumnya orang berinvestasi untuk keperluan di masa depan.

 

Apa itu Investasi Tanah?

Investasi tanah merupakan salah satu jenis investasi di bidang properti yang cukup menjanjikan, mengapa disebut menjanjikan?

Hal ini di sebabkan karena harga tanah cenderung mengalami kenaikan di tiap tahunnya.

Selain itu, sekarang ini terjadi peningkatan jumlah penduduk yang cukup besar, sehingga masyarakat masih dan akan tetap membutuhkan tanah, baik untuk membangun rumah maupun untuk kebutuhan lainnya, seperti membangun gedung komersial.

 

Prospek Keuntungan

1. Harga Tanah Cenderung Terus Mengalami Peningkatan

Tiap tahun, tanah akan mengalami kenaikan harga. Terlebih harga tanah yang berada di pusat kota atau keramaian seperti kota metropolitan Jakarta, hal ini jelas sangat menguntungkan untuk investasi.

Dengan harga yang tidak pernah merosot turun, hal ini menunjukkan jika investasi tanah membawa banyak keuntungan bagi kalian.

2. Investasi Tanah Sebagai Aset Multifungsi

Melakukan investasi tanah adalah cara terbaik untuk mengembangkan level keuangan kalian, sebab orang-orang akan selalu memerlukan tempat untuk ditinggali maupun tempat kerja.

Ada banyak peluang dan kesempatan jika investasi tanah di Jakarta yang kamu lakukan tersebut akan terus meningkat nilainya sepanjang tahun.

Investor spekulatif akan begitu tertarik pada lahan kosong yang berada di lokasi strategis.

Hal ini sangat berpeluang untuk mencapai laba atas investasi tinggi kalau kalian memilih properti yang pas untuk keperluan situs real estate komersial yang baru maupun jenis properi yang lain.

3. Sulit Untuk Hilang

Tidak seperti aset yang lainnya, sifat tanah itu tetap alias tidak berpindah-pindah , hal ini menurunkan risiko kehilangan tanah.

Yang terpenting adalah pemilik harus tetap menyimpan semua kelengkapan surat dan sertifikat hak milik dengan aman.

4. Pesaing Sedikit

Tidak seperti rumah, bangunan komersial atau apartemen, tanah kosong biasanya terjual lebih cepat karena pesaingnya sedikit.

 

Cara Investasi Tanah

Tidak semua lahan tanah layak untuk investasi. Jika kalian sampai melakukan langkah yang salah, tanah yang awalnya di tujukan untuk tabungan jangka panjang tidak akan menghasilkan apa-apa atau bahkan merugi.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mengetahui syarat-syarat tanah di Jakarta yang layak untuk dijadikan investasi.

1. Legalitas Lengkap

Jika ingin membeli tanah, perhatikan status dan landasan hukumnya, seperti hak guna usaha (HGU) dan hak guna bangunan (HGB).

Jika ada yang kurang yakin, kalian bisa meminta jasa notaris untuk mengecek legalitas tanah sebelum mengajukan Setifikat Hak Milik (SHM).

Penting untuk memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan legalitas untuk menghindari berbagai permasalahan hukum, seperti sengketa tanah.

Kondisi ini juga memudahkan penjualan tanah. Tanah yang jelas dan benar-benar legal pasti lebih mudah untuk dijual.

2. Lokasi Tanah Yang Strategis

Lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor penunjang yang membuat tanah mempunyai nilai investasi yang tinggi.

Selain itu, jaringan transportasi yang memadai, dan infrastruktur yang luas juga menjadi pendukung nilai jual kembali yang tinggi.

Tanah tersebut juga bisa di gunakan untuk pembangunan tempat tinggal, pertokoan, rumah kos, apartemen atau properti lain yang menghasilkan pendapatan.

3. Prospek Kenaikan Harga

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, pahami informasi tentang kenaikan harga tanah di Jakarta dalam setahun. Biasanya kenaikan harga berkisar antara 5 sampai 20 persen.

Lokasi yang strategis juga mempengaruhi harga jual kavling yang lebih tinggi. Jika lahan tersebut berada di daerah terpencil, kamu bisa mencari informasi mengenai prospek pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

Kamu bisa mendapatkan informasi ini dari dinas tata kota setempat.

 

Alasan Jakarta Cocok Di jadikan Pilihan Untuk Melakukan Investasi Tanah

1. Di Jakarta terjamin fasilitas pendukungnya (baik fasilitas kesehatan, pendidikan dan perbelanjaan)

2. Jakarta dekat dengan tempat kerja, tempat kehidupan perekonomian dan pemerintahan

3. Kemudahan akses transportasi

4. Jakarta banyak tempat hiburan

5. Kota metropolitan, pusat kota sehingga ramai penduduk.

 

Demikian prospek investasi tanah di Jakarta. Sangat menggiurkan bukan? Investasi merupakan salah satu cara jitu dalam mengembangkan kondisi keuangan, terlebih jika itu adalah investasi tanah. Selamat berinvestasi!