Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu eSP+ Pada Motor Honda dan Apa sih Fungsinya?

Apa itu eSP+ Pada Motor Honda dan Apa sih Fungsinya?

Kata eSP+ belakangan ini sangat sering kita dengar pada produk motornya Honda. Teknologi ini sudah disematkan pada motor-motor baru mereka seperti PCX 160, ADV 160, Vario 160, maupun Honda Stylo.

Pertanyaannya, apa sih teknologi eSP Plus ini, dan apakah memang berfungsi dengan baik pada motor Honda atau hanya gimmick?

Seperti yang di ketahui, eSP+ ini sama seperti Blue Core milik Yamaha, hanya saja lebih disempurnakan. 

Sebab, eSP+ sendiri merupakan penyempurnaan dari eSP tanpa Plus milik Honda sebelumnya. Untuk itu, kita perlu tahu dulu apa itu eSP tanpa Plus.


Pada tanggal 11 Desember 2014 silam, pabrikan Honda meluncurkan Motor Beat terbaru mereka yang sudah dibekali teknologi eSP yang diberi nama Honda Beat eSP.

AHM sendiri telah berkomitmen sejak tahun 2015 bahwa semua skuter matic mereka akan menggunakan teknologi eSP ini.

eSP sendiri merupakan kependekan dari Enhanced Smart Power dan teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic milik Honda Global.

Fungsi teknologi eSP ini nantinya akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi yang terbuang. 

Dengan teknologi eSP, maka skuter matic Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi saat berkendara.


Komponen Teknologi eSP Honda

Berikut adalah komponen-komponen yang terdapat pada teknologi eSP Honda yang perlu kalian ketahui.

1. ACG Starter adalah teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga ketika mesin dihidupkan menjadi lebih halus tanpa suara dan juga mendukung fitur ISS atau Idling Stop System.

2. Offset silinder yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan dinding silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan juga crankshaft.

3. Roller Type Rocker Arm, menggunakan shell tipe needle bearing sebagai sebagai poros sehingga bisa mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

4. Spiny Sleeve, yaitu tekstur khusus pada dinding silinder untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga bisa mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

5. Squish berfungsi untuk pengapian yang lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

6. Tumble, berfungsi agar penyebaran bahan bakar menjadi lebih merata dan menjadikan pembakaran menjadi lebih baik.

Kelebihan dari teknologi eSP sendiri yaitu lebih hemat bahan bakar, performa tinggi, dan juga lebih ramah lingkungan.


Kemudian pada Februari 2021 lalu, Honda memperkenalkan PCX 160 yang membawa mesin baru berteknologi eSP+.

Pengembangan eSP+ sendiri pada mesin PCX 160 sangatlah signifikan. 

Perubahannya antara lain mencakup penggunaan 4 katup atau 4-valve, rasio kompresi lebih tinggi untuk memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hidrolik tensioner, piston oil jet, hingga crankshaft yang lebih kaku.

Pada ruang filter juga terdapat rectifier yang berguna untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke dalam ruang bakar sekaligus mengurangi turbulensi udara.


Dampak positif dari penggunaan teknologi eSP+ ini membuat akselerasi motor terasa lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Pabrikan Honda mengklaim tidak ada gejala bergetar di putaran awal, sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan relatif rendah.

Tidak sedikit juga orang yang mengatakan jika PCX 160 dan Vario 160, memang ada perbedaan dibanding mesin Honda sebelumnya.

Misalnya seperti getaran mesin lebih halus, tangan tidak gampang kesemutan, lalu top speed juga lebih kencang dibanding Vario 160 dengan konsumsi bahan bakar juga lebih irit dibandingkan dengan PCX 160 dan PCX 150.


Sementara untuk tarikan awalnya, tidak terasa lebih galak, mungkin karena pada mesin 160cc ini Honda memilih karakter overbore yang unggul di putaran mesin atas, namun sedikit loyo di putaran bawahnya.

Jadi, teknologi eSP+ yang dikembangkan oleh Honda ini bukan hanya gimmick semata, karena memang terbukti lebih baik dari eSP tanpa Plus sebelumnya.

Hanya saja yang di sayangkan material dan build quality produk Honda saat ini tidak sebagus yang dulu, jadi perlu perawatan lebih ekstra dan kehati-hatian lebih dalam pemakaiannya.

Demikian artikel mengenai apa itu teknologi eSP+ pada skuter matic Honda yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya.