Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Motor Matic Kencang 2 Tak Italjet Dragster 180

Motor Matic Kencang 2 Tak Italjet Dragster 180

Jauh sebelum motor matic ngetren seperti sekarang ini, di awal tahun 2000-an ada salah satu matic unik dan kencang bernama Italjet Dragster atau dikenal juga sebagai Italjet Dragster 180.

Italjet Dragster sendiri merupakan produsen motor asal Italia yang didirikan pada tahun 1959 oleh Leopoldo Tartarini.

Italjet bukanlah sebuah pabrikan motor besar, melainkan mereka memproduksi motor dalam jumlah kecil. 

Namun, produk yang mereka keluarkan terkenal akan desainnya yang inovatif, "out of the box", dan juga eksklusif.

Nah, salah satu motor keluaran Italjet yang punya desain radikal, eksentrik, sekaligus bisa dibilang futuristik di zamannya adalah Italjet Dragster 180.

Motor ini sempat masuk ke pasaran Indonesia secara CBU melalui ATPM Aprilia, yaitu PT Motor Mega Performa dengan banderol harga sebesar 42 jutaan di tahun 2001.

Lantas, apa yang membuat motor ini spesial sehingga banderol harganya begitu mahal? 

Nah, seperti yang diketahuai tampilan Italjet Dragster 180 ini memang sangat berbeda dari motor matic pada umumnya.

Di mana framenya menggunakan model teralis, kemudian pada roda depannya terdapat sebuah lengan ayun tunggal yang dinamai sebagai "SIS", alias "Sistema Independente di Sterzo", atau dalam bahasa Indonesia artinya sistem kemudi independen.

Sistem ini terhubung langsung dengan suspensi tunggal yang terletak di bagian dek tengah dan diklaim lebih stabil dibandingkan tipe suspensi konvensional, terutama saat motor dipacu di kecepatan tinggi maupun ketika menikung.

Selain itu, daya redamnya juga lebih bagus saat dibawa di jalan yang bergelombang karena bagian stang kemudi tidak menerima goncangan langsung dari shockbreaker.

 

Pada bagian kaki-kakinya, motor ini memakai ukuran velg yang berbeda, yaitu depan ring 11 inci dibalut ban 120/70, dan belakang menggunakan velg 13 inci dengan ban ukuran 130/60 yang dipadukan dengan pengereman full cakram depan dan belakang.

Bagian stang kemudinya juga tak biasa, yaitu menggunakan model stang clip-on ala sports bike, speedometer analog sederhana yang menampilkan informasi seperti odometer, indikator kecepatan dalam km/j dan mil/j, indikator lampu sein, lampu jarak jauh, bahan bakar, suhu mesin, dan indikator tekanan oli.

Untuk sektor desain, bagian headlampnya dibuat dengan bentuk persegi, namun agak menunduk ke bawah sehingga kesannya terlihat agresif. Kemudian, pada bagian bodi depan, terdapat grill atau lubang kisi-kisi.

Namun lubang tersebut bukan untuk menambah nilai estetis saja, melainkan di baliknya terdapat sebuah radiator untuk pendinginan mesin.

Sementara itu, bodi belakangnya mengadopsi konsep bodi motor sport dengan jok model terpisah atau split seat. 

Uniknya, tata letak tangki motor ini tidak berada di dalam jok, melainkan terletak di samping kanan bodi belakang sehingga pengguna tidak perlu membuka jok ketika akan mengisi bahan bakar.

Tangkinya ini mempunyai ukuran cukup besar dibandingkan motor matic kebanyakan, yaitu mampu menampung kapasitas sebanyak 11 liter bahan bakar.

Kemudian, untuk sektor dapur pacunya, Italjet Dragster 180 dipasangi mesin berkapasitas 176cc 2 tak dengan ukuran bore 65,6 mm dan stroke 52 mm, dengan sistem pendingin cairan, pengabutan BBM karburator, serta berpenggerak CVT belt.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 19,4 horsepower pada 8.000 rpm.

Dengan bobot kering hanya 109 kg, kecepatan tertinggi motor ini diklaim mampu tembus 122 km/j dalam kondisi standar. Sementara akselerasi 0 sampai 100 km/j bisa ditembus dalam kurun waktu 4,6 detik.

 

Di Indonesia sendiri, rumornya Italjet Dragster 180 ini jumlahnya hanya sebanyak puluhan unit saja, dan hal ini tidak mengherankan.

Karena pada waktu itu, PT Motor Mega Performa hanya menghadirkan matic 2-tak Italia ini berdasarkan pesanan saja.

Saat ini, generasi Italjet Dragster telah diperbarui dengan tampilan yang lebih modern, namun tetap mengusung konsep yang sama seperti pendahulunya.

Versi terbaru ini dibekali mesin 4-tak DOHC berkubikasi 180,7cc, dengan sistem injeksi penuh, dan berpenggerak CVT belt yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 19,8 horse power di 8.250 RPM dan torsi puncak 17 Nm pada 6.250 RPM.

Kabarnya, untuk versi terbaru ini masuk ke pasaran Indonesia hanya sebanyak puluhan unit saja dengan banderol harga mulai dari 137 sampai 145 jutaan. Sedangkan versi limited editionnya dibanderol seharga 155 jutaan.

Nah, bagaimana pendapat teman-teman mengenai motor matic Italjet Dragster ini, apakah kamu tertarik?