Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aveta SVR 180, Bebek Super 175cc Asal Malaysia!

Aveta SVR 180, Bebek Super 175cc Asal Malaysia!
Aveta SVR 180: foto paultan.org

MX King 150 ataupun Honda GTR 150 mungkin boleh berbangga sebagai bebek super ngebut di Indonesia. Namun kedua motor ini pasti akan minder jika ketemu dengan bebek super yang satu ini.

Karena mampu di gas mencapai kecepatan 160 km/jam di spido, mesinnya 175cc DOHC 4 klep berpendingin cairan, inilah dia Aveta SVR180.

Mungkin brand motor yang satu ini masih asing di telinga Bikers Indonesia, Aveta Motorcycle merupakan bagian dari MAG Group yang fokus pada produksi, perakitan dan distribusi sepeda motor bermerek Aveta di Malaysia.

Didirikan sejak tahun 2018 silam, perusahaan ini telah merilis beragam pilihan sepeda motor, termasuk Mobek dan juga Super Mobek, dan masih banyak lagi yang akan datang karena mereka yakin bahwa permintaan sepeda motor di Malaysia akan semakin meningkat.

Nah jika kita melihat produk motor jualannya, nampaknya Aveta ini banyak memproduksi motor dengan desain yang terinspirasi dari motor-motor yang sudah ada.

Misalnya, lineup produk mereka saat ini ada yang mirip dengan Honda CT125, ada yang mirip dengan Honda ADV 150.

Ada yang mirip dengan Yamaha Jupiter Z1, ada pula yang mirip dengan MX King 150, bahkan ada yang mirip dengan Honda Supra Fit.


Nah, untuk SVR 180 ini sendiri, desainnya identik dengan motor asal Cina bernama Rato SVR 180.

Meskipun begitu, desainnya sendiri terbilang fresh di kelas bebek super, lampu depan dual reflector ala-ala Ducati Panigale berjenis LED lengkap dengan DRL, sementara lampu sein ditempatkan pada area tebeng samping seperti motor maticnya Yamaha.

Desain secara umum nampak sangat sporty dengan garis desain yang tajam dan area belakang yang nungging.

Di sektor mesin sendiri cukup galak, Aveta SVR 180 dibekali mesin tegak single silinder 174,5cc DOHC 4 klep overbore berpendingin cairan.

Sistem bahan bakarnya menggunakan electronic full injection dan memiliki rasio kompresi cukup tinggi di angka 11,2:1, karakter mesinnya overbore dengan ukuran bor stroke di 62 mm x 57,8 mm.

Power yang dihasilkan mesin ini cukup besar, yakni 16,8 horse power pada 8.500 RPM dengan torsi nampol di 15,5 newton meter 7.000 RPM.

Dengan bobot motor sekitar 130 kg, Aveta SVR 180 ini kabarnya mampu mencapai kecepatan 160 km/jam.


Nah, fitur-fiturnya sendiri selain sudah menggunakan lampu full LED yang paling keren adalah tentang bagian panel spidometernya yang sudah full digital dengan warna yang menampilkan beragam informasi penting seperti:

  • Indikator RPM
  • Indikator kecepatan motor
  • Indikator bahan bakar
  • Cek engine
  • Temperatur mesin, dan lain sebagainya.

Remnya sudah menggunakan jenis cakram depan-belakang, tangki bahan bakar super lega berkapasitas 6,6 liter, rangkanya tipe underbone, suspensi depan teleskopik, dan belakang sudah monoshock.

Pada bagian rodanya sendiri di bagian depan menggunakan ukuran 90/80 di ring 17 dan belakang menggunakan ukuran 120/70 ring 17.

Untuk harganya sendiri di Malaysia, Aveta SVR 180 dijual sekitar 33,5 jutaan, sebagai perbandingan Yamaha Y15ZR alias MX King 150 disana dijual 30 jutaan saja.