Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TVS RockZ 125, Motor dengan Audio Sound System Bawaan Pabrik

TVS RockZ 125, Motor dengan Audio Sound System Bawaan Pabrik

Mendengarkan musik sambil mengendarai motor mungkin hanya bisa dilakukan oleh motor-motor touring kelas premium seperti Harley Davidson Ultra atau Honda Goldwing yang sejak lahir sudah dilengkapi dengan audio sound system.

Namun, tidak perlu bersusah payah membeli motor mahal ini karena motor bebek yang akan kita bahas ini juga punya fitur audio sound system bawaan pabrik.

Ya, itu adalah TVS Rockz 125, motor bebek buatan India yang mempunyai fitur paling keren di Indonesia. 

TVS tidak ragu-ragu menyebut Rockz 125 sebagai motor 125cc pertama di dunia yang memiliki fitur audio sound system yang disebut I-BEAT dengan kemampuannya memutar MP3 melalui flashdisk dan juga FM radio yang bisa dinikmati melalui earphone atau loudspeaker.

Speaker audio TVS Rockz ini diklaim tahan air, sehingga tidak perlu khawatir terjadi korsleting jika terkena hujan.

Meskipun fitur audio ini terkesan absurd dan berlebihan, setidaknya fitur ini bisa cukup berguna untuk mengusir rasa takut saat melewati jalanan sepi atau mengatasi rasa bosan saat berkendara.

Selain fitur audio I-BEAT, TVS Rockz 125 juga memiliki fitur lain yang mungkin tidak ditemukan pada motor bebek kebanyakan.

Misalnya seperti sistem kopling ganda, di mana perpindahan rasio transmisi motor ini bisa dioperasikan baik menggunakan kopling manual maupun kopling otomatis.

Dengan begitu, pengguna yang tidak bisa menggunakan kopling manual pun tetap bisa menggunakan motor ini. 

Sementara jika pengguna menginginkan akselerasi yang responsif, maka kopling manual bisa langsung dioperasikan, seperti halnya kopling manual motor pada umumnya.

Sistem kopling ganda ini mirip dengan kopling pada F1 ZR Sporty yang memungkinkan perpindahan gigi tanpa harus menekan tuas kopling, dan mesinnya tidak akan mati meskipun kopling tidak ditekan saat motor dalam posisi berhenti dengan gigi masuk.

 

Fitur menarik lain dari TVS Rockz adalah port untuk mengisi daya HP, lalu fitur keamanan tambahan pemutus arus kelistrikan mirip seperti Engine Kill Switch pada motor sport yang pada motor ini di letakan di dalam jok, dan ada pengunci standar tengah alias center stand lock agar standar tengah tidak bisa dilipat saat fitur pengunci diaktifkan. 

Maka tidak heran kalau kita belum pernah mendengar kasus pencurian TVS Rockz 125 karena selain motor ini tidak begitu terkenal, fitur keamanannya benar-benar menyulitkan pencuri.

Bicara soal bagasi, TVS Rockz 125 mempunyai kapasitas bagasi sebesar 8,7 liter dan menariknya, bagasi ini telah dilengkapi dengan lampu LED yang secara otomatis akan menyala ketika joknya dibuka.

Sesuai dengan namanya, TVS Rockz 125 dibekali mesin silinder tunggal berkubikasi 125cc, SOHC 2 klep, berpendingin udara, pengabutan bahan bakar karburator, ukuran bore 57 mm, dan stroke 48,8 mm dengan transmisi 4 percepatan.

Mesinnya ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 9,2 horse power pada 8.000 RPM serta torsi puncak 9,3 newton meter pada 6.000 RPM.

Secara keseluruhan, tampilan motor ini terlihat sporty, didukung oleh penggunaan velg cast wheel dengan lima palang serta shockbreaker belakang model tabung. 

Lagi-lagi, dari sekian banyak motor bebek tulen di Indonesia, suspensi belakang tipe tabung ini sepertinya hanya bisa ditemukan pada TVS Rockz 125 saja.

Dengan segala fitur dan kelebihan yang diusungnya, TVS Rockz 125 sempat memperoleh beberapa penghargaan, seperti Automotive Award pada tahun 2010 sebagai motor bebek "Best Value," "Best Feature," dan "Best Technology."

Kemudian penghargaan Indonesian Motorbike of the Year dari majalah Motorev sebagai "Best Bebek 110-125 cc" sekaligus "Best Creative Design" dan beberapa penghargaan-penghargaan lainnya.

Dilansir dari situs resminya, saat ini TVS Rockz 125 dijual oleh ATPM TVS di Indonesia dengan banderol harga Rp17.400.000 untuk wilayah Jabodetabek.

Tersedia dalam lima varian warna yang berbeda, yaitu biru-hitam, merah-hitam, merah-putih, oranye-hitam, dan putih-biru.

Pada tahun 2012 lalu, TVS sempat menjual Rockz 125 DD atau versi double disc, namun sayangnya versi ini sudah tidak terpampang lagi di situs resminya dan kini hanya tersedia versi dengan rem belakang tromol saja.

 

Selain varian Rockz 125, TVS juga mempunyai motor bebek lain yang tidak kalah menarik, yaitu TVS Neo XR 110.

Motor ini sempat menghebohkan publik pada tahun 2023 kemarin karena dealer TVS Jogja mengobral motor ini dengan harga 7,6 jutaan saja dari harga normalnya 13,9 jutaan.

Hal serupa juga sempat dilakukan oleh dealer TVS Semarang dengan membanderol motor ini di harga 5 jutaan untuk lima orang pembeli pertama saat opening dealer baru.

Di luar pasaran Indonesia, TVS Neo XR 110 dikenal juga sebagai TVS Neo NX. Motor ini dibekali mesin berkubikasi 110cc, SOHC 2 klep, berpendingin udara, pengabutan karburator, serta transmisi 4 percepatan dengan kopling otomatis yang mampu menghasilkan output tenaga 8,6 horse power pada 8.000 RPM dan torsi puncak 8,5 Nm pada 4.500 RPM.

Tidak hanya terjangkau dari sisi harga, konsumsi BBM motor ini terbilang cukup irit, yaitu mampu menempuh jarak sejauh 50 km/liter bahan bakar, yang diperoleh dari penggunaan fitur "Ekono" atau sistem pengapian digital yang dioptimalkan sesuai kondisi berkendara.

Teknologi ini berfungsi untuk mengontrol penggunaan bahan bakar agar lebih hemat tanpa mengurangi performa mesin.

Selain itu, motor ini juga mempunyai fitur standar motor bebek seperti bagasi, kapasitas tangki 4 liter, velg cast wheel, pengereman depan cakram, dan lain-lain.

Di wilayah Jabodetabek, versi terbaru TVS Neo XR 110 dijual dengan banderol harga Rp15.800.000 dan ditawarkan dalam empat varian pilihan warna, yaitu biru-hitam, hitam-oranye, merah-hitam, serta putih-hitam.

Nah, bagaimana pendapat kalian mengenai motor bebek dari TVS ini yang telah di bekali audio sound system?