Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Motor Bekas Murah Untuk Dijadikan Basic Motor Custom

Membangun motor custom tidak harus menggunakan basic motor yang harganya mahal karena saat ini sudah ada beberapa motor dengan harga terjangkau namun tetap keren apabila dijadikan motor custom.

Nah, pada artikel ini kami akan merekomendasikan beberapa motor bekas terjangkau yang bisa dijadikan opsi pilihan basic motor custom.


Rekomendasi Basic Motor Custom Murah

Bagi kalian yang saat ini tengah bingung mencari motor bekas terjangkau yang cocok untuk dijadikan sebagai basic motor custom, berikut rekomendasinya.

1. Honda Tiger series

Motor ini mempunyai tampilan mesin yang mirip dengan Honda Megapro, namun dibekali kapasitas mesin lebih besar yaitu 196cc .

Secara performa, Honda Tiger tentunya menghasilkan tenaga lebih besar dari Honda Megapro di mana performa mesin Tiger ini sudah sangat cukup untuk kebutuhan harian maupun touring.

Kelebihan Honda Tiger selain mesinnya lebih bertenaga, motor ini juga sudah dilengkapi pengereman cakram belakang khususnya untuk varian Tiger Revo yang secara look terlihat lebih keren ketimbang pengereman tromol.

Maka tidak heran jika Honda Tiger kerap kali dijadikan sebagai basic motor custom favorit bagi para penghobi motor custom.

Unit second Honda Tiger lawas bisa kalian temui mulai dari harga 7 jutaan, sedangkan Tiger revo dibanderol mulai dari harga 9 jutaan sampai belasan juta.

2. Honda Astrea Series

Honda Astrea Series

Honda Astrea series yang kami maksud di sini adalah Astrea series yang masih menggunakan rangka monokok, seperti Astrea Star, Astrea Prima, Astrea Grand, Astrea Legenda, dan lain-lain.

Harga motor bebek jadul ini yang cocok dijadikan basic motor custom bisa didapatkan mulai dari harga 1 jutaan hingga 5 jutaan, tergantung kondisi.

Motor bebek dengan rangka monokok ini memiliki gaya klasik yang bisa dijadikan berbagai style custom cub, misalnya Street cub, Choppy cub, Scrambler cub, atau Cargo cub.

Kelebihan dari basis motor bebek ini tentu saja adalah perawatannya yang mudah dan terjangkau, hemat bahan bakar, bandel, serta dimensinya yang kecil, sehingga masih memungkinkan digunakan untuk sehari-hari.

3. Suzuki Thunder 125 

Suzuki Thunder 125

Bagi kalian yang tengah cari basic motor custom batangan namun dengan harga yang ramah di kantong maka tidak ada salahnya jika memilih Suzuki Thunder 125.

Motor laki buatan Suzuki ini saat ini harga bekasnya bisa kalian didapatkan mulai dari harga 2 jutaan sampai dengan 7 jutaan tergantung kondisi.

Selain menjadi motor favorit bagi pedagang bensin eceran, kelebihan dari Thunder 125 ini adalah tampilan desainnya yang klasik dengan lampu dan tangki model bulat serta mesin berpendingin udara yang sangat mendukung untuk dijadikan berbagai style motor custom.

4. Honda GL Pro dan GL Max 

Honda GL Pro

Kedua motor sport entry level Honda tahun 90-an ini sudah teruji kebandelannya karena kerap kali digunakan sebagai tunggangan handal bagi para ojek Bromo yang terkenal dengan medan jalannya yang ekstrem.

Tampilannya yang sederhana dengan mesin berpendingin udara membuatnya semakin keren jika dijadikan sebagai basic motor custom.

Apalagi segi perawatannya juga tergolong mudah serta sparepartnya yang masih banyak tersedia di pasaran menjadi alasan tersendiri kenapa sampai sekarang masih banyak penggemar dari motor ini.

Untuk saat ini, GL Pro dan GL Max dalam kondisi layak bisa kalian dapatkan mulai dari harga 4 jutaan sampai dengan 9  jutaan.

5. Yamaha Byson

Yamaha Byson

Meski bodi motor ini terlihat modern, Yamaha Byson mengusung mesin silinder tunggal berpendingin udara sehingga masih terdapat kesan klasiknya apabila di custom.

Kelebihan dari Yamaha Byson adalah kaki-kakinya yang kekar, didukung dengan shockbreaker berdiameter 41 mm yang memungkinkan untuk dipasangi ban berukuran lebih lebar jika dibandingkan motor lain sekelasnya.

Saat ini Yamaha Byson yang beredar di marketplace online, bisa didapatkan di range harga mulai dari 4 jutaan sampai dengan 10 jutaan tergantung kondisi.

6. Honda Megapro series 

Honda Megapro series

Honda Megapro sendiri merupakan penerus langsung dari Honda GL Pro dan generasi pertamanya dibekali basis mesin berkubikasi 156cc tanpa dilengkapi electric starter mirip seperti mesin GL Pro.

Namun pada tahun 2002 mesinnya mendapatkan pembaruan berupa penambahan electric starter.

Sehingga motor ini bisa menjadi alternatif pilihan basic motor custom bagi kalian yang tidak mau ribet engkol mesin untuk menyalakannya.

Selain varian shock belakang dobel, Honda Megapro juga mempunyai varian shock belakang monoshock yang biasa disebut sebagai Megapro mono .

Seri Megapro mono ini dibekali mesin baru berkapasitas 148,5 cc yang lebih kecil dari pendahulunya, namun tetap dibekali mesin berpendingin udara seperti halnya seri MegaPro lama.

Motor Megapro mono ini mungkin bisa menjadi opsi pilihan lain bagi kalian yang menyukai motor custom bergaya monoshock.

Saat ini harga bekas Honda Megapro series kebanyakan dibanderol mulai dari harga 5 jutaan sampai dengan 10 jutaan ke atas.

Namun untuk Megapro dengan shock belakang ganda terutama varian Megapro Primus biasanya dijual dengan banderol harga lebih tinggi dari seri Megapro lainnya.

7. Yamaha Scorpio 

Yamaha Scorpio

Scorpio merupakan salah satu motor buatan Yamaha yang paling sering dicari untuk dijadikan sebagai basic motor custom.

Scorpio mempunyai konstruksi mesin yang padat dari Honda Tiger, kapasitas mesin lebih besar, dan menghasilkan torsi sedikit lebih galak dari Honda Tiger, serta suara yang menggelegar jika dipasangi knalpot custom .

Selain itu Scorpio dilengkapi dengan rangka tipe double Cradle atau terdapat penyangga pada bagian bawah mesin yang membuat tampilannya terlihat padat ketika di custom.

Jika beruntung, Yamaha Scorpio bisa kalian dapatkan mulai dari harga 5 jutaan sampai dengan 7 jutaan.

Namun karena unit motor ini tergolong lebih langka dari Honda Tiger, rata-rata Yamaha Scorpio ini dijual mulai dari harga 8 jutaan sampai belasan juta.


Nah, itulah rekomendasi beberapa motor bekas murah yang bisa dijadikan referensi sebagai pilihan basic motor custom.