Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Edit Suara Gratis Terbaik di Android, Tahun 2023

Aplikasi Edit Suara Gratis

Apakah Anda sering mengalami kesulitan ketika mengedit audio atau suara? Mungkin beberapa hal seperti fitur yang berbayar hingga kurangnya pengetahuan tentang aplikasi jadi alasan yang umum digunakan oleh sebagian besar orang.

Jika Anda termasuk salah satunya, tak perlu khawatir lagi karena sekarang telah banyak bermunculan aplikasi edit suara, seperti MStudio, WaveEditor, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengedit suara yang dapat Anda unduh di Google Play Store secara gratis.

1. MStudio

MStudio jadi salah satu aplikasi terbaik dalam hal pengeditan suara di Android. Pengguna dimungkinkan melakukan perekaman, pengeditan, penggabungan, serta pengonversian file audio.

MStudio juga dilengkapi dengan fungsi andal untuk dapat menghapus audio pada file video, memutar audio secara terbalik, melakukan perubahan tempo, hingga penyesuaian nada.

Total pengunduh aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 1 juta dengan rating yang cukup tinggi, yakni 4,3.

Anda juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar karena ukurannya hanya 15 MB, terlebih lagi aplikasi MStudio dapat digunakan secara gratis.

2. WaveEditor

Berikutnya ada WaveEditor, aplikasi gratis lain yang dapat Anda gunakan untuk mengedit suara di Android. Aplikasi ini membantu Anda melakukan perekaman hingga pengeditan audio di mana pun dan kapan pun.

Anda sebagai pengguna dimungkinkan untuk menggabungkan dan mengedit audio dengan fitur FFT, Osciloscope, dan Spectogram.Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk bisa merekam audio secara built in.

WaveEditor juga menyediakan lebih dari 30 format audio seperti MP3, OCG, WAV, PCM, AIDD, FLAC, dan yang lainnya. WaveEditor dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi ini terbilang ringan dengankapasitas 15 MB saja. Lebih dari 1 juta pengguna telah mengunduhnya dengan total rating penilaian 4,0.

3. Lexis Audio Editor

Aplikasi edit suara selanjutnya ada Lexis Audio Editor. Tools dalam aplikasi ini dapat membantu Anda melakukan beberapa basic editing seperti memotong, menyalin, atau menempelkan audio.

Jika Anda pengguna aplikasi Audacity di dekstop, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampilan antar muka dari Lexis Audio karena keduanya bisa dibilang mirip. 

Beberapa fungsi tambahan yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain ada normalize, noice reduction, trim, fade-in, fade-out, hinggapengubah nada dan tempo.

Lexis Audio juga mendukung beberapa format audio seperti MP3, M4A, AAC, WMA, WAV, dan FLAC.

Para pengguna juga dapat melakukan impor format video seperti MP4, 3GP, hingga 3G2. Di GooglePlay Store, aplikasi ini disediakan gratis dengan lebih dari 5 juta pengguna serta rating 4,5.

4. MP3 Cutter

MP3 Cutter bisa dibilang jadi salah satu aplikasi edit audio yang paling sederhana. Jika beberapa aplikasi lain menyediakan tools yang kompleks, maka sebaliknya, MP3 Cutter cenderung memiliki fitur yang relatif simpel.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memotong file audio atau musik kemudian menjadikannya sebagai nada dering pada handphone. MP3 Cutter juga menyediakan caramengatur file audio menjadi nada dering cukup dengan beberapa ketukan saja.

Aplikasi edit suara gratis ini tersedia di Google Play Store dan telah diunduh 5 juta pengguna. Ukuran aplikasinya hanya berkisar 14 MB dan berhasil memperoleh rating 4,3.

5. Audio Editor

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Audio Editor juga menyediakan fitur edit suara yang dapat digunakan di Android. 

Beberapa tools andalannya seperti Audio Cutter yang berfungsi memotong audio dan menjadikannya nada dering, Audio Mixer untuk menyatukan beberapa audio, AudioConverter untuk mengonversi format audio.

Ada juga Editor Tag untuk melakukan perubahan pada metadata audio, seperti judul, nama album, nama file, dan yang lainnya.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store dengan kapasitas penyimpanan 12 MB saja. Aplikasi ini memperoleh rating 4,0 dengan jumlah pengguna lebih dari 1 juta.

6. AudioLab

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, AudioLab memungkinkan Anda melakukan beberapa hal seperti memotong, menempel, menggabungkan hingga mengonversi audio.

Beberapa fitur kompleks yang disediakan seperti Equalizer, DJ Filter, Voice Remover, hingga Voice Changer juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Selain itu, ada juga fitur Text toSpeech untuk mengubah teks yang sudah Anda tuliskan menjadi suara. Aplikasi edit suara gratis ini memperoleh rating cukup tinggi yakni 4,5 di Google Play Store.Denganukuran paling kecil di antara yang lain, hanya 7,7 MB.

7. Super Sound

Super Sound dapat Anda andalkan dalam hal editing audio dan music editor. Aplikasi ini banyak didukung fitur seperti editing, cutting, converting, mixing, splicing, voice changing, dan bisa juga digunakan untuk mengganti format audio.

Seluruh fitur tersebut dapat Anda gunakan dengan gratis. Anda cukup mengunduhnya langsung di Google Play Store.

8. Audio Evolution Mobile Studio

Aplikasi edit suara selanjutnya ada Audio Evolution Mobile Studio. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotong audio, mengatur latensi, dan menggabungkan beberapa macam suara menjadi satu.

Tampilan Audio Evolution ini bisa dibilang simpel, hanya perlu waktu singkat untuk melakukan penyesuaian saat pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Untuk merasakan pengalaman nyatanya, Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.

9. WavePad

Selanjutnya ada WavePad, sebagai salah satu rekomendasi aplikasi editing audio. WavePad disebut memiliki serangkaian fitur menarik yang dapat Anda gunakan untuk memotong audio serta menambahkan suara.

Tidak ketinggalan tampilan antar muka yang sederhana menjadikannya patut untuk Anda coba.

10. Voice Changer

Terakhir, ada aplikasi Voice Changer yang bisa Anda gunakan untuk mengedit suara secara gratis. Sesuai dengan namanya, dalam aplikasi ini Anda dimungkinkan untuk merekam suara Anda dengan tambahan efek secara langsung.

Cukup dengan satu aplikasi ini, Anda bisa menghasilkan bermacam suara seperti, alien, robot, suara binatang, serta dengan berbagai efek menarik lainnya.

 

Itulah dia sepuluh rekomendasi aplikasi edit suara terbaik yang dapat Anda gunakan di Android. Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pastikan untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.