Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

Fitur Tersembunyi WhatsApp
 
Berikut ini merupakan fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang di ketahui banyak orang, ternyata sangat bermanfaat!
 
Siapa sih yang tidak familiar dengan WhatsApp? WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi komunikasi online yang paling populer. Bahkan, hampir semua orang memakai WhatsApp untuk keperluan sehari-hari.
 
Bukan hanya untuk berbincang, di WhatsApp juga bisa kita gunakan untuk belajar secara berkelompok via online dan berniaga. Keren kan?
 
WhatsApp memiliki berbagai fitur yang canggih yang bisa kita manfaatkan di dalamnya untuk memudahkan dan menambah pengalaman berkomunikasi, termasuk juga fitur tersembunyi yang jarang di ketahui banyak orang.
 
Jadi tidak heran jika banyak orang yang menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan yang wajib di install di ponselnya.
 
Selain itu, WhatsApp juga cukup terjamin keamanannya dan bersifat pribadi, tapi selain fitur-fitur yang biasa kita jumpai, ternyata tidak sedikit juga fitur tersembunyi yang mungkin belum kamu ketahui atau belum pernah kamu gunakan.
 
 

Fitur Tersembunyi WhatsApp 

Nah, untuk mengetahui apa aja sih fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang banyak orang ketahui ini, Yuk simak ulasan berikut!
 

1. Two Step Verification

Fitur tersembunyi WhatsApp yang membuat penggunanya merasa nyaman dan aman tidak pernah ada habisnya salah satunya adalah verifikasi dua langkah yang tersedia, baik untuk Android maupun iOS. 

Fitur ini mengharuskan kalian memasukan password atau kata sandi khusus untuk mengakses akun. Sehingga, tidak semua orang bisa membuka WhatsApp kalian jika mereka tidak tahu password tersebut.
 

2. Mematikan Fitur Download Otomatis

Berbagi gambar, video bahkan chatpun bisa membuat memori HP penuh. Jika kiriman file di biarkan menumpuk terus menerus atau lupa di hapus tentu akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan HP.
 
Fitur tersembunyi WhatsApp auto download ini bisa kalian matikan secara otomatis agar kiriman-kiriman file tidak langsung tersimpan di galeri.
 
Pada android caranya dengan membuka Pengaturan > Penyimpanan dan data > Nonaktifkan mengunduh otomatis.
 
Untuk Iphone silahkan buka Pengaturan > Penggunaan data dan penyimpanan > Media, kemudian hentikan gambar dan video yang tersimpan secara otomatis
 

3. Disappearing Messages

Fitur tersembunyi pada aplikasi WhatsApp selanjutnya dan jarang di ketahui banyak orang ini bisa menghilangkan semua pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.
 
Terdapat 3 pilihan waktu yang dapat kalian gunakan untuk menghapus pesan, yakni 24 jam, 7 hari, dan 90 hari.
 
Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu membuka kontak pengguna, lalu klik nama kontak tersebut, kemudian klik opsi disappearing messages. Setelah itu kamu bisa menentukan opsi waktu sesuai keinginan.
 
Setelah fitur ini di aktifkan, seluruh pesan secara otomatis akan hilang sesuai dengan waktu yang kamu tentukan sebelumnya. Tapi, gambar akan tetap tersimpan dalam HP, baik di HP pengirim ataupun penerima.
 

4. Pesan Sekali Lihat

Fitur ini tergolong baru di WhatsApp, fungsi dari fitur ini agar video atau gambar yang kalian kirim tidak tersimpan di ponsel penerima dan hanya bisa di lihat sekali saja setelah mereka membukanya.
 
Untuk menggunakan fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang di ketahui ini caranya cukup mudah. Saat kalian hendak mengirim gambar atau video, klik simbol dalam angka satu yang berada di lingkaran sebelah kanan.
 
Setelah kalian klik fitur tersebut maka apapun yang kalian kirim akan langsung hilang setelah di lihat satu kali oleh Si penerima.
 

5. Menyembunyikan last seen dan online

WhatsApp memang cukup pintar dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya.
 
Untuk kalian yang private person atau sedang tidak ingin di ganggu ataupun dikepoin orang, kalian bisa mencoba fitur tersembunyi WhatsApp yang satu ini.
 
Untuk menyembunyikan kapan terahir kalian online di WhatsApp dan status online di WhatsApp caranya sangat mudah.
 
Masuk menu Setting > Privacy lalu pilih last seen dan online, kemudian pilih "Nobody" agar siapapun tidak bisa mengetahui kapan kalian terahir online.
 

6. Fitur Polling  

Fitur ini berguna untuk memintai pendapat atau pilihan pengguna dalam chat, kalian bisa membuat pertanyaan dengan opsi yang bisa di pilih oleh anggota grup ataupun teman.
 
Hasil polling ini nantinya akan di tampilkan dalam bentuk grafik yang sangat mudah untuk di pahami. Jika kamu penasaran silahkan mencoba langsung fitur tersembunyi WhatsApp yang satu ini.
 

7. Berbagi Tautan Panggilan WhatsApp

Sama seperti zoom atau Google meet, di WhatsApp kalian juga bisa mengajak orang lain untuk bergabung di panggilanmu dengan menggunakan fitur yang jarang di keahui ini.
 
Untuk menggunakan fitur tersembunyi WhatsApp ini caranya dengan membagikan link panggilan ke orang yang ingin kamu ajak.
 
Begini cara menggunakanya, klik WhatsApp > klik tab Call > klik menu Create call link > pilih tipe panggilan suara atau video > klik copy link atau share
 

8. Pembatalan Hapus Pesan

Fitur tersembunyi WhatsApp berikutnya ini bisa membatalkan pesan yang sebelumnya telah kalian hapus dengan cara memilih opsi Undo.
 
Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada opsi "Hapus untuk saya" bukan "Hapus untuk semua orang".
 
Selain itu kalian harus melakukannya secara cepat sebelum opsi Undo ini hilang. Opsi ini hanya muncul tepat setelah kamu menghapus pesan, jadi harus cepat-cepat ya.
 

9. Mengetahui Siapa Yang Sering Di hubungi

Untuk mengetahui siapa yang paling sering di hubungi, kalian bisa menggunakan fitur WhatsApp yang tersembunyi ini, caranya cukup mudah.
 
Buka menu Setting > Storage and data > Storage use, lalu tunggu sejenak.
 
Kemudian kalian bisa melihat besaran data untuk tiap chatting grup ataupun kontak yang di lakukan.
 

10. Membuat Avatar

Bosen dengan profil WhatsApp yang itu-itu aja? Cobain profil make avatar, caranya gampang banget.
 
Klik titik tiga di pojok kanan atas > Setting > lalu klik Foto profilmu  > klik Ikon kamera > pilih Avatar. Nah, selanjutnya kalian bisa membuat avatar sesuai keinginan.
 
 
Demikian 10 fitur WhatsApp tersembunyi yang jarang di ketahui oleh banyak orang, semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!