Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik yang Mudah dan Gratis

Aplikasi Pengatur Keuangan

 

Permasalahan keuangan selalu jadi topik yang tidak pernah ada habisnya untuk di bicarakan, termasuk dalam hal pengelolaan. Mungkin sebagian dari kita juga masih terkendala dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan.

Jika Anda merasakan hal yang sama, maka tidak ada salahnya untuk belajar manajemen uang sedari
sekarang. Meski kedengaran rumit tapi sebenenarnya kemajuan teknologi sudah sangat memudahkan proses ini.

Apalagi kini telah banyak tersedia aplikasi yang siap membantu Anda mengatur keuangan. Anda bisa memilih satu dari beberapa rekomendasi aplikasi berikut untuk diunduh di smartphone.

Simak dengan teliti kelebihan serta kekurangan tiap aplikasi kemudian tentukan mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

1. Money Lover

Anda perlu asisten untuk membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi? Mungkin Money Lover bisa jadi pilihan. Aplikasi ini didesain dengan sederhana sehingga cocok digunakan oleh pemula sekali pun.

Contoh fitur yang tersedia dalam aplikasi ini yakni Anggaran, Tabungan, dan Transaksi. Ketiganyaberfungsi membantu Anda dalam pengelolaan keuangan bulanan, mulai dari anggaran makan, hiburan sampai transportasi.

Aplikasi Money Lover memberikan banyak kemudahan bagi Anda untuk mencatat segala jenis pengeluaran. Jika sebelumnya laporan keuangan Anda ditulis di buku atau kertas, tentu akan jadi PR tersendiri ketika akan melacak sebuah pengeluaran.

Nah, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itujika sudah menggunakan Money Lover.

2. AndroMoney

AndroMoney dapat diunduh dengan mudah di Play Store. Aplikasi ini digunakan untuk melacak pemasukan serta pengeluaran secara terperinci namun tetap sederhana. Di sini Anda akanditunjukkan anggaran khusus secara terperinci, tersedia juga bagian pengeluaran serta penyimpanan pada Dropbox atau Google Docs.

Jika Anda gemar melakukan tour perjalanan, menonton film, makan di tempat baru, hinggaberbelanja peralatan dan perlengkapan rumah, furniture sampai baju, maka AndroMoney sesuai untuk Anda.

Aplikasi Money Manager memungkinkan Anda untuk melakukan pencatatan pendapatan danpengeluaran. Laporan keuangan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, apakah harian, bulanan atau tahunan.

3. Money Manager

Aplikasi Money Manager memungkinkan Anda untuk melakukan pencatatan pendapatan danpengeluaran. Laporan keuangan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, apakah harian, bulanan atau tahunan.

Terlebih lagi, hasilnya dapat langsung diunduh dalam bentuk dokumen denganberagam format, salah satu contohnya PDF.

4. Spendee

Pengaturan keuangan bulanan dapat dengan mudah Anda lakukan di aplikasi Spendee. Penggunadapat menggunakannya untuk mencatat pengeluaran untuk beragam keperluan, seperti liburan danbelanja.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Spendee yakni adanya fitur Joint Funding yang memungkinkanAnda dan pasangan untuk mengatur keuangan bersama dalam satu aplikasi. Selain itu, Spendee jugadapat dihubungkan dengan rekening bank atau dompet digital Anda.

5. Monefy

Tampilan Monefy memang lebih mencolok jika dibandingkan dengan aplikasi lain, meski tetap dibuat
dengan sederhana. Sehingga dari sisi kebutuhan maupun kesederhanaan, keduanya dapat Andaperoleh melalui aplikasi ini.

Sederhana merupakan kata kunci yang penting dalam Monefy. Seperti yang kita ketahui, mengelolakeuangan bisa dibilang kegiatan yang cukup sulit, jika aplikasi pengelolaannya dibuat kompleks makabisa dibayangkan betapa rumitnya hal tersebut.

Monefy juga mempunyai beberapa kategori untuk mengatur keuangan Anda. Tampilan antar mukayang sederhana dan efektif menjadi salah satu keunggulannya dibandingkan aplikasi lain.

Anda hanyaperlu memasukkan nominal jumlah lalu memilih kategori yang sesuai. Dengan menggunakan Monefy, manajemen keuangan jadi terasa lebih mudah dan nyaman.

6. Finansialku

Finansialku merupakan aplikasi pengatur keuangan yang bagus sekaligus aman. Hal ini dikarenakansudah ada jaminan sertifikat CFP atau Certified Financial Partner.

Keberhasilan aplikasi Finansialkudalam memperoleh sertifikat ini tentu tidak lepas dari fiturnya yang diakui sangat membantupengguna dalam mengatur keuangannya.

Anda bisa menentukan anggaran berdasarkan dana yang tersedia di akun Finansialku. Selain itu, aplikasi ini juga siap untuk memberikan saran keuangan jika Anda mengalami kesulitan pada saat menyusun anggaran.

7. Buku Warung

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk mengelola keuangan pribadi dan bisnis, maka Buku Warung adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini memang didesain untuk menjadi solusi pengatur keuangan yang gratis, aman serta sederhana.

Buku Warung juga dilengkapi banyak fitur andal yang dapat Andagunakan untuk mempermudah pengelolaan keuangan dan pelacakan arus kas. Misalnya saja fitur Catat Hutang, bisa Anda gunakan untuk mencatat atau melunasi hutang.

Hal yang perlu digunakan hanya meng-klik nama, maka secara otomatis seluruh riwayat hutang dan tunggakanakan ditampilkan. Hebatnya lagi, tiap orang yang hutangnya tercatat pada aplikasi ini akan secara otomatis diingatkanlewat SMS.

SMS tersebut dikirimkan melalui nomor dari Buku Warung, tentu sangat memudahkanpara pengguna bukan? Melalui Buku Warung, penghitungan untung dan rugi sebuah bisnis dapat dilakukan dengan mudah.

Masalah klasik seperti gaji cepat habis karena kurangnya manajemen keuangan juga dapat diantisipasi. Satu kelebihan lain yang membuat Buku Warung lebih unggul yakni karena tingkat keamanannya dalam menyimpan data pengguna, meski Anda mengganti handphone pun data tersebut tidak akan hilang.