Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Investasi Pelajar SMA yang Wajib Dicoba

Peluang investasi pelajar sma

 

Inilah deretan Peluang investasi untuk pelajar SMA yang wajib dicoba 

Banyak dari kita selama ini salah kaprah dan menganggap investasi hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. Namun realitanya, seorang pelajar SMA sudah bisa belajar berinvestasi meski dengan keterbatasan dana yang ia miliki.

Tak perlu khawatir, kini sudah tersedia berbagai jenis investasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini merupakan kabar baik bagi para pemula yang ingin mengambil langkah pertama mereka untuk belajar berinvestasi. Semakin awal Anda melakukan investasi, maka semakin maksimal juga hasil yang Anda peroleh.

Berikut akan dijelaskan beberapa jenis investasi yang dapat Anda pilih untuk memulai langkah dalam berinvestasi.

 

Peluang Investasi yang Cocok untuk Pelajar SMA

1. Reksa Dana

Reksa Dana jadi instrumen investasi yang paling sesuai untuk pelajar SMA dan pemula lainnya. Jenis investasi ini lebih mudah dilakukan karena tidak banyak memakan waktu atau pun keahlian dalam proses pengelolaannya.

Sebab dana yang telah Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi secara profesional. Manajer investasi inilah yang nantinya akan melakukan analisis hingga menentukan kira-kira instrumen investasi mana yang paling menguntungkan.

Anda sebagai pemilik dana hanya perlu memantau perkembangan investasi melalui laporan yang dikirim oleh manajer investasi. Selain itu, perolehan return dari jenis investasi ini juga cenderung besar yakni hingga 20 persen.

Investasi melalui reksa dana juga dapat dimulai hanya dengan 10 ribu rupiah, sangat terjangkau bukan? Cukup dengan menyisihkan uang saku minimal 10 ribu dalam satu bulan, Anda sudah bisa berinvestasi di reksa dana. Hal yang perlu jadi catatan di sini ialah Anda perlu bijak dalam memilih manajer investasi yang terpercaya untuk mengelola investasi tersebut.

Ada empat jenis instrumen pada reksa dana yang dapat dibedakan sesuai profil risikonya masing-masing. Reksa Dana Pasar Uang merupakan reksa dana yang memiliki risiko relatif rendah, lalu Reksa Dana Pendapatan Tetap dengan risiko menengah, serta Reksa Dana Campuran dan Saham yang keduanya punya risiko lumayan besar.

Untuk pemula seperti pelajar SMA disarankan memilih jenis reksa dana yang punya risiko rendah sebagai upaya meminimalisir adanya kerugian di masa yang akan datang. Adapun persyaratan yang diperlukan pada investasi jenis ini hanya identitas diri seperti KTP. Kemudahan ini memungkinkan pelajar SMA dapat belajar investasi sedini mungkin.

 

2. Emas

Selanjutnya ada jenis investasi emas yang bisa dijadikan pilihan. Nilainya yang tinggi dan relatif stabil bahkan terus melambung jadi alasan mengapa investasi ini salah satu pilihan yang paling aman. Terlebih lagi emas batangan, nilainya cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Di tahun 2016 saja harga emas masih sekitar 500 ribu, selang dua tahun kemudian harganya meningkat di angka 600 ribuan. Maka bukan tidak mungkin jika dalam kurun waktu tiga tahun harga emas sudah menembus 900 ribuan.

Namun, menyisihkan uang saku untuk membeli emas tentu bukan hal mudah bagi seorang pelajar karena harganya yang memang tidak murah. Sebagai alternatif pilihan, Anda dapat menggunakan produk tabungan emas di Pegadaian.

Melalui produk tersebut Anda bisa menabung emas mulai dari 0,01 gram senilai Rp. 50.000. Investasi emas juga punya keunggulan di mana ia mudah untuk dicairkan apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan.

 

3. Saham

Saham jadi peluang investasi yang dapat Anda pertimbangkan. Beberapa tahun ke belakang investasi jenis ini telah booming kembali di kalangan anak muda. Imbalan yang ditawarkan dari investasi Saham juga lebih menguntungkan jika Anda bandingkan dengan jenis investasi lain.

Namun perlu digaris bawahi, investasi Saham punya risiko yang tinggi sehingga Anda mesti paham betul cara berinvestasi dengan baik. Dengan begitu tujuan investasi yang Anda tetapkan dapat diraih dengan lebih mudah.

 

4. Deposito Berjangka

Peluang investasi untuk pelajar sma yang terkahir. Apakah Anda masih ragu jika investasi itu benar menghasilkan keuntungan? Atau justru khawatir kalau dana yang diinvestasikan nilainya menurun? Maka Anda dapat mencoba berinvestasi dalam bentuk deposito berjangka.

Pada jenis investasi ini, nilai pokok uang yang Anda setorkan dapat terus terjaga dan mendapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan. Dengan begini nilai dari uang Anda akan terus stabil tanpa mengalami penurunan.

Lalu, bagaimana cara melakukan investasi pada deposito berjangka? Cukup sederhana, Anda hanya perlu menyimpan sejumlah dana sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, pilihannya mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan.

Anda akan memperoleh bunga dari simpanan dana tersebut sebagai keuntungan. Mudah bukan? Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa deposito berjangka terikat pada jangka waktu tertentu., jadi Anda tidak bisa menarik dana yang telah disimpan sesuka hati.

Dalam kasus Anda tidak punya pilihan lagi, deposito dapat dicairkan sebelum jatuh tempo namun dengan catatan nasabah akan dikenakan penalti. Nominal yang Anda butuhkan untuk memperoleh jenis investasti ini mulai dari 1 jutaan saja.

 

Pendidikan Merupakan Investasi Terbaik bagi Pelajar SMA

Setelah menjelaskan panjang lebar terkait apa saja jenis investasi yang dapat Anda mulai di usia SMA, ada satu investasi yang sebenarnya sudah Anda lakukan yakni dalam hal pendidikan. Maka dari itu, pergunakan masa muda Anda untuk menambah ilmu dan pengalaman sebagai bekal menggapai cita-cita di masa yang akan datang.

Dalam hal ini, mempelajari cara berinvestasi juga jadi salah satu bentuk ikhtiar yang dapat Anda lakukan. Kita mesti lebih sadar pentingnya kemampuan pengelolaan keuangan. Ilmu ini juga dapat membantu Anda memahami bisnis investasi lebih dalam dan detail lagi.