Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Investasi untuk Mahasiswa: Kunci Sukses di Usia Muda

Manfaat investasi untuk mahasiswa

Manfaat investasi untuk mahasiswa sebagai tabungan sekaligus penghasilan tambahan untuk bekal melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Investasi harus mulai dipelajari sedini mungkin. Tidak ada patokan kapan waktu yang tepat untuk terjun di bidang ini, namun yang jelas lebih cepat akan lebih baik.

Lantas, apa sebenarnya manfaat dari investasi itu sendiri? Jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat beragam.

Secara garis besar, investasi membantu Anda mempersiapkan diri untuk mencapai tingkat kemapanan finansial di masa mendatang. Ini jadi hal yang didambakan banyak orang, tak terkecuali para mahasiswa.

Kabar baiknya, kemajuan teknologi telah membawa dampak signifikan khususnya pada bidang investasi.

Kini banyak ditemui generasi muda yang melek finansial dan sadar akan pentingnya investasi sebagai salah satu bentuk saving money.

Mereka bahkan rela menyisihkan uang saku hingga upah kerjanya untuk keperluan investasi. Hal ini semakin dimudahkan dengan munculnya berbagai jenis investasi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan mahasiswa.

Kini, investasi bukan jadi tabungan dana darurat semata akan tetapi juga sebagai prospek bisnis yang menjanjikan. Berikut in manfaat lain investasi yang dapat dirasakan oleh mahasiswa:

 

1. Mendapatkan Sumber Pendapatan Tambahan

Investasi bisa dijadikan salah satu sumber pendapatan yang prospektif. Hal ini karena tingkat keuntungan yang diperoleh biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk tabungan atau deposito.

Beberapa keunggulan investasi dari pada tabungan antara lain:

  • Keuntungan atau tingkat pengembalian yang tinggi.
  • Umumnya tingkat pengembaliannya juga lebih tinggi dibandingkan inflasi.
  • Biaya administrasi sangat minim.
  • Meski pendapatan yang dihasilkan melalui investasi dikenakan pajak, namun cenderung lebih rendah dibandingkan pajak deposito yang mencapai 20%.
  • Pemilihan instrumen investasi dapat disesuaikan dengan level risikonya.

Banyak jenis investasi yang tersedia untuk dapat dipilih oleh mahasiswa, Apabila kurang yakin, Anda dapat memulainya dengan jenis investasi yang memiliki risiko rendah seperti reksa dana.

 

2. Belajar Cara Pengelolaan Keuangan

Untuk mencukupi kebutuhan selama studi, seorang mahasiswa biasanya memperoleh uang saku dari orang tua atau bisa juga dari beasiswa.

Menghasilkan uang sendiri nampaknya masih jadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar dari mereka, meski sebagian lainnya ternyata berhasil mengatasi dan menemukan pekerjaan paruh waktu.

Bekerja serta memperoleh penghasilan merupakan pengalaman yang berharga agar Anda bisa lebih menghargai uang. Selain itu, kemampuan pengelolaan uang juga jadi hal penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa.

Bentuk sikap yang dapat Anda lakukan yakni dengan menyisihkan uang yang Anda miliki untuk berinvestasi. Dengan begitu, Anda dapatt mengantisipasi kebutuhan mendadak di masa mendatang.

 

3. Sebagai Bekal untuk Melanjutkan Studi

Jika Anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, maka perlu diketahui bahwa biaya yang diperlukan jumlahnya tidak sedikit.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkannya sedikit demi sedikit dari sekarang. Anda dapat memanfaatkan investasi sebagai tabungan sekaligus penghasilan tambahan untuk bekal melanjutkan studi, itulah pentingnya manfaat investasi untuk mahasiswa.

 

4. Menyiapkan Biaya untuk Menggelar Pernikahan

Menikah kemudian berkeluarga, mungkin jadi impian bagi banyak orang. Namun, tidak dipungkiri permasalahan tentang biaya jadi salah satu isu serius bagi pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan.

Apalagi mengingat kehidupan keluarga tidak berhenti sampai acara wedding selesai, masih ada anak yang harus dicukupi pula kebutuhannya serta kebutuhan lainnya.

Biaya yang diperlukan jelas tidak sedikit. Oleh karena itu, memempersiapkan hal tersebut dengan investasi dari sekarang merupakan hal yang bagus.

Dengan begitu, persiapan Anda menuju jenjang pernikahan dapat terencana dengan lebih matang.

 

5. Menyiapkan Dana Pensiun

Investasi juga dapat membantu Anda melakukan persiapan sebelum mencapai usia pensiun. Karena tidak semua orang berkesempatan memperoleh dana pensiun tetap seperti yang dirasakan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Bahkan akhir-akhir ini sempat beredar kabar jika PNS akan digantikan oleh pekerja kontrak atau AI (Artificial Intelligence).

Padahal, investasi jadi salah satu bentuk kebebasan finansial yang ingin dirasakan orang tua ketika mendekati usia senja. Hal ini  agar tidak perlu merepotkan anak-anaknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Nah, jika Anda merasa dana pensiun akan sangat berguna, maka ada baiknya untuk melakukan persiapan dari sekarang.

Usia pensiun terbilang masih sangat jauh sehingga waktu yang kita punya juga relatif masih panjang. Dana pensiun nantinya juga dapat digunakan sebagai cadangan dana darurat.

 

6. Perkecil Kemungkinan untuk Terlilit Utang

Di usia Anda sekarang mungkin sudah banyak pinjaman yang dapat dengan mudah Anda ajukan. Tentu dengan risiko yang tidak dapat Anda hindari.

Berikut merupakan alasan mengapa investasi bisa membantu Anda terhindar dari utang, antara lain:

  • Investasi mencerminkan jika orang tersebut terliterasi secara keuangan dan berdedikasi atas uang yang mereka miliki.
  • Investasi merupakan penolong jika suatu saat nanti Anda terkendala dengan masalah keuangan.
  • Menyiapkan dana dari jauh-jauh hari melalui investasi juga akan menurunkan biaya cicillan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).
  • Jika Anda sudah berinvestasi, Anda dapat mengatasi keperluan besar tanpa harus meminjam dari orang tua atau pihak lainnya.

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat melakukan investasi. Sekarang Anda sudah memahami perihal manfaat mempelajari investasi bagi mahasiswa.