Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merek Motor Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2023

Sepanjang tahun 2023, industri roda dua mulai tumbuh kembali setelah pada tahun-tahun sebelumnya mengalami kemerosotan akibat hantaman badai pandemi.

Secara total, sepanjang tahun 2023, sebanyak 62,5 juta unit kendaraan roda dua terjual di seluruh dunia, yang merupakan peningkatan sekitar 2,6% dari tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, pasar Indonesia sendiri menyumbang penjualan sebanyak 6,2 juta unit pada tahun 2023.

Jadi, kira-kira merek motor apa saja yang terlaris di dunia sepanjang tahun 2023? Nah, untuk lebih jelasnya kami telah merangkum 10 merek motor terlaris di dunia sepanjang tahun 2023.

 

Motor Terlaris di Dunia

1. Honda

Honda merek motor terlaris di dunia nomor 1

Sudah bisa dipastikan bahwa Honda masih merajai penjualan motor global dengan total penjualan sebanyak 18,4 juta unit sepanjang tahun 2023. Jumlah ini meningkat sebesar 4,3% dibandingkan tahun sebelumnya.

Seperti halnya di Indonesia, Honda juga menguasai penjualan motor di dunia dengan persentase sebesar 29,44%.

Pilihan motor yang menarik serta teknologi yang terus dikembangkan membuat Honda tetap kokoh sebagai merek terdepan selama 50 tahun terakhir.

2. Hero MotoCorp

Hero MotoCorp merek motor terlaris di dunia nomor 2

Di peringkat kedua bukan Yamaha yang menduduki posisi tersebut, melainkan merek dari India bernama Hero MotoCorp, dengan total penjualan sebanyak 5,6 juta unit atau berkontribusi sebesar 8,96% dari total penjualan dunia.

Penjualan Hero MotoCorp naik sekitar 5,4% dari tahun sebelumnya, dan sebagian besar merek ini laku di negara asalnya, India.

Di negara tersebut, sepanjang tahun 2023 kemarin Hero MotoCorp berhasil menjual sebanyak 17 juta unit, atau hampir tiga kali lipat dari penjualan motor di Indonesia.

Ini masuk akal karena jumlah penduduk India juga jauh lebih besar daripada Indonesia. Jika Indonesia memiliki sekitar 270 juta jiwa, India memiliki sekitar 1,4 miliar orang.

Hero MotoCorp ini terkenal dengan motor-motor yang ekonomis, tangguh, dan mudah digunakan, menjadikannya pilihan favorit di pasar berkembang seperti India dan Afrika.

3. Yamaha

Yamaha merek motor terlaris di dunia nomor 3

Di urutan ketiga, ada Yamaha yang membukukan penjualan sebesar 4,6 juta unit. Jumlah ini hanya naik tipis dari penjualan mereka tahun sebelumnya, yaitu hanya naik 0,9%, dan kontribusi mereka terhadap total penjualan motor dunia adalah sebesar 7,36%.

Yamaha sendiri menjadi pabrikan terlaris kedua di Indonesia, namun selisih penjualannya dengan Honda cukup signifikan. Di mana Honda di Indonesia mendominasi lebih dari 70%, sementara Yamaha hanya sekitar 22%.

Secara umum, motor Yamaha adalah motor yang bagus, namun dari segi lini produk yang dijual di pasaran tidak selengkap dan tidak sebanyak milik Honda.

4. Bajaj Auto 

Bajaj Auto merek motor terlaris di dunia nomor 4

Di posisi keempat rupanya datang dari pabrikan India lagi, yaitu Bajaj Auto yang pada tahun 2023 berhasil membukukan penjualan sebanyak 3,6 juta unit, naik 8,7% dari penjualan mereka tahun sebelumnya.

Secara global, Bajaj Auto menyumbang 5,76% dari total penjualan motor di seluruh dunia. 

Bajaj juga terkenal dengan motor-motornya yang tangguh namun harganya terjangkau, sehingga banyak disukai di berbagai negara di Asia dan Afrika.

Di Indonesia sendiri, Bajaj pernah berjaya pada awal tahun 2000-an. Namun, dengan berbagai masalah seperti layanan purna jual yang kurang baik, kelangkaan suku cadang, dan perebutan hak paten dengan Honda, mereka akhirnya gulung tikar pada tahun 2012.

5. TVS

TVS merek motor terlaris di dunia nomor 5

Selanjutnya di posisi kelima, lagi-lagi dari pabrikan India bernama TVS, yang mampu membukukan penjualan sebesar 3,4 juta unit atau setara 5,44% dari total penjualan motor di seluruh dunia.

TVS menunjukkan pertumbuhan yang terus positif. Jumlah ini naik pesat, yakni sebesar 19,8% dari tahun sebelumnya.

TVS sendiri sampai saat ini masih menjual produk di Indonesia dan bahkan memiliki pabrik di Indonesia. Meski penjualan TVS di Indonesia cukup terseok-seok, ekspor mereka justru bagus dari sini.

6. Yadea

Yadea merek motor terlaris di dunia nomor 6

Di posisi keenam, ada merek motor yang mungkin masih asing di telinga kita, yaitu Yadea, yang merupakan perusahaan motor listrik terbesar di dunia.

Pabrikan dari Cina ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 2,5 juta unit motor atau sekitar 4%. Namun, angka ini justru turun jauh dari penjualan mereka di tahun sebelumnya. 

Pada tahun 2022, Yadea berhasil menjual lebih dari 6 juta unit motor, yang menjadikannya pabrikan motor terlaris nomor 3 di dunia. Sayangnya, pada tahun 2023 ini, mereka harus rela turun ke posisi enam.

7. Suzuki

Suzuki merek motor terlaris di dunia nomor 7

Suzuki berada di urutan ketujuh, di mana sepanjang tahun 2023 berhasil menjual sebanyak 1,9 juta unit atau setara dengan 3,04% dari total penjualan global.

Namun, angka ini sudah lebih baik karena naik sekitar 7,1% dari tahun sebelumnya. Suzuki sedang tumbuh setelah mengalami masa sulit beberapa tahun terakhir.

Produk-produk baru yang mereka luncurkan, seperti GSX-R1000 terbaru, GSX-8R, GSX-8S, GSX-S1000GT, dan GSX-S1000GX, mampu memberikan angin segar untuk masa depan mereka, meski di Indonesia masih mengandalkan produk-produk dari India.

8. Haojue, Loncin, dan Zongshen

Haojue merek motor terlaris di dunia nomor 8

Di posisi 8, 9, dan 10, ada tiga raksasa pabrikan Cina, yakni Haojue, yang merupakan rekanan Suzuki, kemudian Loncin, dan juga Zongshen. Namun, sayangnya, kami tidak mendapat rincian tentang berapa kontribusi mereka.

Dengan sisa persentase sekitar 36%, tentu tiga pabrikan Cina ini memiliki kontribusi yang signifikan, ditambah dengan ratusan merek lainnya yang tidak masuk dalam 10 besar.

Merek-merek Eropa seperti Ducati, Aprilia, MV Agusta, KTM, dan lainnya tidak memiliki kuantitas penjualan yang tinggi karena fokus pada penjualan motor gede (moge).

Kawasaki sendiri juga termasuk dalam 10 besar, namun layaknya merek-merek dari Eropa, mereka juga fokus pada penjualan motor gede.

Merek-merek lain yang juga menyumbang penjualan global masih banyak, misalnya Benelli, CF Moto, SWM, GPX, dan lainnya.

 

Itulah deretan merek motor terlaris di dunia sepanjang tahun 2023 kemarin, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat ya.